Berbicara tentang manajemen media massa, sudah pasti akan berkaitan
dengan yang namanya manajemen. Apa itu manajemen?
Manajemen
adalah kegiatan untuk mencapai tujuan yang kita rancang, dengan memaksimalkan
sumber daya manusia (SDM) yang ada.
Lalu, apa
itu media massa? Bagaimana media massa? Jika berbicara tentang media massa,
maka erat kaitannya dengan industri. Karena media massa adalah sebuah industri.
Media massa dibagi ke dalam dua jenis yaitu:
1. Komersial
1. Komersial
Media massa komersial terdiri dari dua jenis yaitu:
a. Cetak
b. Elektronik
Namun, terdapat satu lagi media massa komersial yang ada di
antara dua media tersebut, media tersebut bernama media ‘banci’, disebut banci
karena merupakan media massa peralihan. Di era seperti sekarang ini, banyak
media cetak yang beralih ke elektronik atau online, namun banyak pula media
elektronik yang berali ke media online. Oleh karena itu, media tersebut disebut
dengan media ‘banci’
Saat ini, hampir seluruh media
nasional di Indonesia merupakan media ‘banci’, karena mereka berada dalam media
peralihan, mereka sama-sama gencar dan saling bersaing di ke dua jenis media
komersial tersebut. seperti contoh Kompas yang pada awalnya hanya media cetak,
namun sekarang beralih ke media online dan juga elektronik atau televisi.
Contoh lainnya Liputan 6 SCTV yang awalnya berada di media elektronik, beralih
pula ke media online membuat liputan6.com.
2. Sosial
Media sosial saat ini banyak sekali macamnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, Line, dan lain-lain.
2. Sosial
Media sosial saat ini banyak sekali macamnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, Line, dan lain-lain.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus