Kamis, 10 November 2016

Manajemen Media Massa #Pertemuan 4

Pasar media terdiri dari beberapa jenis yaitu:
1.    Pasar informasi / fisik: dilihat dari jumlah tirasnya. Tiras menyatakan seberapa banyak surat kabar bisa dipasarkan.
Informasi media yang akan menarik untuk dibaca. Ketika akan memasarkan media maka hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
a.       Akurat
b.      Up to date
c.       Proximity à dekat secara geografis
d.      Demografis à usia
e.       Ekonomi masyarakat / sosial ekonomi.
2.     Pasar intelektual: dilihat dari siapa penulis di media massa tersebut. contoh: profesor tidak mungkin menulis di surat kabar poskota.
3.      Pasar iklan: pemasang iklan.
Contoh: Kompas                                             Serpong-Bintaro
2.500.000.000 à        harga mengiklan             ß 100.000.000
500.000            à       jumlah yang dipasarkan ß 10.000
5.000                à       harga satu iklan              ß 10.000
Maka, lebih baik memasang iklan di Kompas karena harganya lebih murah dan korannya lebih tersebar luas.

Jenis data:
-          Data primer: data yang didapat dari hasil penelitian, atau hasil pencarian secara mandiri.
-          Data sekunder: data yang didapat dari salah satu sumber. Contoh: Badan Pusat Statistik (BPS).

Saat akan membangun sebuah perusahaan media, maka harus memerhatikan hal-hal berikut:
1.   Wilayah geografis à berapa jumlah penduduk, siapa yang memiliki televisi (apabila perusahaan media televisi)
2.      Siapa yang mau beriklan
3.      Penghasilan didapat dari mana
4.      Ketersediaan sumber daya
5.  Perbandingan kurs à karena, teknologi atau barang-barang yang akan digunakan untuk produksi masih harus dibeli dari luar negeri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar